Kamis, 19 Maret 2009

Yogya - Kipo adalah jajanan khas Kotagede -: Jalansutra/Bondan Winarno Trans TV

Bondan berkunjung ke Makam Raja Jawa-jawa di Kotagede, pendiri Kerajaan Mataram. Setelah itu naik bendi (kereta kuda) menuju Pasar Kotagede yang tidak jauh dari sana. Mencicipi berbagai jajanan di pasar seperti belut goreng, kulit mlinjo goreng, slondokan, dan grontol.

Toko Jajanan “Supriyati”
Jalan Mondorakan 172B
Pasar Kotagede
0812 1583067

Di deretan luar pasar ini terdapat banyak penjual kue basah, jajanan khas, maupun panganan kering. Kipo adalah jajanan khas Kotagede yang terbuat dari ketan dengan isi parutan kelapa yang dibumbui gula merah. Ketannya diwarnai hijau dengan daun suji, kemudian dikukus setelah diisi unti. Bentuknya mirip pastel kecil, kemudian dipanggang. Gurih dan manis.

Iga Sapi BaliSapi Bali
Jl. Umbul Permai, Mudal, Sariharjo (dekat Grand Hyatt)
0274 7858938

Pemiliknya menyatakan sebagai satu-satunya dan yang pertama menyajikan iga sapi bali yang dimasak dengan bumbu bali. Rasanya memang mak nyuss!
Juga mencicipi ayam kecombrang, disebut be sisit di Bali, yaitu ayam goreng yang disuwir-suwir dan kemudian dicampur dengan sambal matah yang sangat khas Bali, dengan rajangan kecombrang yang memberi tendangan spesial.


Kerang Toktok Bumbu RajangJimbaran
Jl. Damai, Modal, Sariharjo (dekat Grand Hyatt)
0274 7452882

Sebuah rumah makan yang menyajikan ikan bakar model Pantai Jimbaran Bali.
Mencicipi sup pindang, ikan bakar, dan kerang bakar bumbu rajang dengan kualitas yang cukup baik.

3 komentar:

  1. ATJEH mah lain samam ACEH , Kalo C adalah China, tapi kalo TJ adalah Tiongkok dan Jawa, lihat pak Bondan di Trans TV minggu siang 24 Juni 012, dibilangan sumatra utara sana. lagi maknyus
    sempat bilang gitcu, salam kami selagi di ATJEH

    BalasHapus
  2. makan siang di warteg sambil nikmati acaranya mas BONDAN, waaah benar-benar maknyus dan nendang, pie khabare ???
    riyosatriyo65

    BalasHapus
  3. Wah pak Bondan lupa minum semelak Kotagede,minuman Wong Kotagede yang paling berkhasiat,khasiatnya bisa melunturkan lemak jahat dalam tubuh kita sehabis makan sate atau gulai kambing.Nanti kalau ketemu pak Bondan saya akan minta jangan lupa minum semelak yang hanya dijual di Kotagede.

    BalasHapus