Kamis, 19 Maret 2009

Bandung - Mih Kocok Mang Dadeng - Presenter: Bondan Winarno Trans TV

Bubur Ayam Akiong
GOR Pajajaran Bandung
0812 2096280

Di tempat ini setiap pagi banyak orang berolahraga. Tentu saja, banyak pula pedagang makanan yang menyediakan berbagai menu sarapan di sana.
Yang dicicipi dalam kunjungan kali ini adalah bubur kepiting dan ubur-ubur, dengan lauk angsio ceker ayam dan telur phitan. Hidangan murah-meriah yang bergizi tinggi dan mak nyuss!

Lotek Ceu O’om
Jl. Alketeri (dekat pertigaan dengan Jl. ABC)
022 4201207, 92084885

Lotek adalah pecelnya orang Sunda. Ceu O’om menyediakan lotek dengan sayur kangkung, daun pepaya, kacang panjang, tauge, dan kol. Bumbu kacangnya hanya dicampur dengan sedikit air, sehingga menghasilkan saus kacang yang pekat, liat, dengan rasa kencur yang menonjol. Kekentalan saus kacang merupakan unsur pembeda yang membuat lotek pinggir jalan ini sangat unik.

Soto Bandung

Warung Lotek Macan
Jl. Macan 1, Bandung
022 70024008, 7301425

Warung ini mengedepankan tiga sajian utama, yaitu: soto bandung, kolak, dan lotek. Satu per satu, ketiga hidangan ini berkualitas istimewa.
Soto bandung adalah soto berkuah encer dari kaldu sapi, dengan irisan daging sapi, lobak, dan ditaburi kacang kedelai goreng. Penilaian soto bandung di warung ini adalah: mak nyuss! Jangan lewatkan perkedelnya yang jauh lebih enak daripada Perkedel Bondon yang terkenal itu.
Kolaknya juga istimewa. Mirip bubur kampiun di Padang yang merupakan kombinasi dari berbagai jenis kolak dan bubur, yaitu: bubur ketan hitam, kolak ubi, kolak biji salak atau jenang grendul, dan lain-lain.

Mih KocokMih Kocok Mang Dadeng
Jl. KH Dahlan (Banteng) 67, Bandung
0813 21110234

Mih kocok adalah sajian khas Bandung. Mi dan tauge dikocok-kocok di air mendidih, kemudian dituang dengan kaldu bening gurih. Disajikan dengan irisan kikil empuk yang kenyil-kenyil.


Colenak Murdi Putra
Jl. Ahmad Yani 733
022 7275037

Colenak adalah istilah Sunda, singkatan dari dicocol enak. Jajanan dari peuyeum (tape singkong) bakar, dicocol dengan unti atau enten, yaitu parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah. Di warung ini, tersedia tiga rasa unti: durian, nangka, dan gua merah murni.
Cocok dimakan sore-sore dengan teh dan kopi panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar