Minggu, 01 Maret 2009

JakPus Jajan Mi di Tengah Malam, Enak Murah Lagi!

Eka Septia - detikFood

GB
Jakarta - Bingung mau kemana weekend nanti? Kawasan jajanan wisata malam ini bisa jadi pilihan yang menarik untuk menghabiskan akhir pekan. Beraneka jajanan enak dan 'ramah' di kantong tersaji disini. Jangan takut kehabisan jika datang terlalu larut, pasalnya warung-warung disini buka hingga pukul 3 pagi loh!

Hal ini bermula saat kami lelah setelah seharian keliling Jakarta menemani salah seorang teman yang baru baru datang dari Surabaya. Sehabis berkaraoke di salah satu mall di kawasan Senayan, perut kami pun sudah melilit lapar. Saat itu waktu sudah menunjukkan hampir tengah malam.

Mencari makanan di dalam mall sudah tutup semua, kalaupun ada yang masih buka, paling hanya coffee shop saja. Hmm.. agak bingung juga nih! Perut kami semakin menjerit lapar setelah seluruh tenaga terkuras bernyanyi. Tiba-tiba saja salah seorang teman mengusulkan untuk ke kawasan Menteng. Ada apa ya disana?

Saya dan beberapa teman bukanlah anak Jakarta asli, tak heran jika kami tidak tahu ada apa saja di Menteng. Sesampainya disana, jalanan yang sepi kendaraan bermotor ternyata banyak sekali pengunjung bersliweran. Bahkan cenderung ramai sekali, tidak terlihat bahwa waktu sudah hampir tengah malam.

Angkring para penjual yang diapit oleh Bank Lippo dan Hotel ini berjejer sangat rapi. Meja dan kursi juga tertata rapi tidak didalam tenda setiap warungnya, melainkan dibagian luar. Mulai dari penjual nasi goreng gila, nasi goreng kambing, sate Padang, mi yamin, roti bakar, siomay, bahkan sampai dimsum pun ada disini.

Untunglah kami masih mendapatkan tempat, langsung saja seorang pelayan pria mendatangi kami. Pelayan ini yang mengkoordinir semua pesanan. Dia menyebutkan semua menu yang ada disini. Dengan cekatan sang pelayan segera mencatat semua pesanan dan mendistribusikannya kepada penjual yang bersangkutan.

Tak perlu menunggu waktu lama, pesanan kami pun segera tiba. Saya memesan mi yamin, sedangkan teman-teman yang lain ada yang memesan sate Padang, roti bakar coklat keju, siomay, dimsum, sate kambing, dan tahu gejrot. Untuk minumnya kami memesana teh dalam kemasan botol.

Mi Yamin pesanan saya ternyata porsiny sangat besar. Minya berwarna kecoklatan, dengan taburan ayam dan jamur bumbu kecap yang sangat royal. Tak lupa daun bawang yang menambah harum aromannya juga diberikan melimpah. Rasanya agak sedikit manis, tapi setelah ditambah dengan saus sambalnya hmm.. rasanya jadi semakin mantap! Pedas dan hangat yang menjadi satu membuat peluh pun mengalir meskipun udara malam itu cukup dingin.

Sate Padang pesanan teman saya lain lagi, porsinya justru sangat kecil. Terdiri dari 10 tusuk sate dan beberapa potongan ketupat yang tidak terlalu besar. Bumbunya sangat halus, dagingnya empuk dan rasanya pun cukup enak. Kalau siomaynya bumbunya kental dengan tekstur kacang yang sedikit kasar. Rasanya gurih dan kenyal kenyal enak.

Yang menarik minat saya adalah tahu gejrotnya. Disajikan di piring tanah liat kecil, tahu yang telah diiris kecil kecil dan bersimbah bumbu yang royal tampanya sangat pedas. Setelah dicoba, benar saja rasanya saya seperti kesetrum! Rasa pedasnya membuat mata saya yang mengantuk kembali melek! Meskipun pedas, tidak bikin saya kapok. Justru semakin ingin melahapnya.

Setelah kenyang dengan semua menu tadi, kami dibuat terkejut lagi dengan harga yang kami bayar. Pasalnya, semua makanan tadi hanya berkisar antara Rp 7.000,00 hingga Rp 15.000,00 saja. Wah.. sudah enak, bikin perut kenyang, kantong pun tetap aman! Meskipun terbilang jajanan kaki lima, tapi peminatnya banyak juga dari kalangan orang-orang berduit loh.

Semain larut, ternyata tempat ini semakin ramai pengunjung. Kami pun segera beranjak pulang, sebelum pulang kami sempat melihat-lihat deretan penjual film dan CD lagu di sepanjang jalan Menteng ini. Lain waktu saya ingin mengunjungi tempat ini lagi untuk mencicipi jajanan lainnya.

Kawasan Wisata Malam Menteng
Jl. Cokroaminoto (Dekat Taman Menteng), Jakarta Pusat
Buka pukul 17.00-00.00 (03.00 dini hari untuk akhir pekan)
Harga Mulai Rp 7.000,00
( eka / Odi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar