Sabtu, 28 Maret 2009

Palembang Presenter: Bondan Winarno - Pempek Panggang Cek Isa 238

Palembang 1

Pempek adalah jajanan khas Palembang yang dibuat dari ikan dan tepung kanji. Dihidangkan dengan cuko atau cuka yang dibuat dari gula putih, gula merah, bawang putih, cuka makan, dan cabe. Konon, pempek merupakan masakan peranakan yang sudah hadir sejak abad ke-17. Seorang Tionghoa gaek (Tionghoa = apek) merasa sayang melihat ikan belida yang melimpah di Sungai Musi. Seteah coba-coba, ia berhasil membuat ikan menjadi semacam kue. Ia kemudian menjajakan kue itu dengan bersepeda keliling kota. Pembeli memanggilnya dengan meneriakkan: “Apek! Apek!” Lama-lama, kue yang dijajakan itu disebut empek-empek, dan kemudian menjadi pempek.

Pempek BelidaPempek EK Dempo
Jl. Lingkaran (Dempo Luar) 103
0711 357751, 313121

Seiring dengan makin langkanya ikan belida, makin jarang pedagang pempek yang mengkhususkan jualannya pada pempek ikan belida. Pempek EK Dempo ini adalah satu-satunya. Tentu saja harganya lebih mahal daripada pempek yang dibuat dari ikan gabus atau ikan tenggiri. Tetapi, rasanya worth every penny. Pempeknya istimewa, cukanya dahsyat. Mak nyuss banget!

Pempek Beringin
Jl. Lingkaran I No. 20/B 9 Ilir (Dempo Luar)
0711 371685, 7035500

Di kalangan penggemarnya, Pempek Beringin ini lebih dikenal sebagai Pempek Ambon karena pemiliknya lahir di Ambon (Maluku). Di sini Bondan menunjukkan cara membuat pempek, serta berbagai jenis pempek, seperti: bunder atau adaan, lenjer, telur besar atau kapal selam, telur kecil, pistel atau pastel (berisi pepaya muda dan ebi), dan pempek kerupuk atau pempek keriting. Semua pempek ini – kecuali adaan – direbus dulu, sebelum kemudian digoreng pada saat akan disajikan.
Di sini Bondan juga menunjukkan beda antara tekwan dan model. Keduanya dimakan dengan kuah encer semacam sup rasa ikan yang segar sekali. Tekwan diisi pempek rebus berbentuk kecil bulat, ditambah soun, ditaburi rajangan seledri, bawang merah goreng, dan bubuk ebi. Sedangkan model tidak memakai soun, tetapi dengan ketimun cacah, dan isinya adalah pempek tahu yang digoreng.

Pempek LenggangPempek Panggang Cek Isa 238
Jl. Jaksa AR Suprapto Simpang PHB
0711 361040

Memperkenalkan jenis pempek yang tidak digoreng, melainkan dipanggang. Ada dua jenis pempek panggang, yaitu yang berbentuk bulat dan yang dipanggang dengan telur dan disebut lenggang. Yang bulat dibelah setelah dipanggang, lalu diisi sambal dan bubuk ebi, disajikan dengan kuah cuka. Lenggang adalah beberapa pempek lenjer yang dipanggang dalam takir daun pisang, lalu dituangi kocokan telur ayam. Pempek jenis ini juga disajikan dengan kuah cuka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar