Jumat, 20 Maret 2009

Nila Goreng Plus Nasi Liwet Cianjur, Raos Pisan!!!

Devita Sari - detikFood

GB
Jakarta - Ikan nila digoreng garing dan renyah ini rasnya gurih-gurih renyah. Disuap dengan nasi liwet yang gurih plus sambal dadak dan lalapan. Tonjokan sambal terasi yang dahsyat pedasnya dijamin bikin melek merem ketagihan lezatnya. Jangan kaget kalau harus menambah lagi dan lagi!

Resto Dapur Cianjur yang terletak persis di depan lapangan tenis Apartemen Mediterania, Tanjung Duren ini jauh dari kesan mewah. Jejeran kursi-kursi kayu dan meja kayu yang apik dibalut oleh dinding berwarna-warni memberi kesan cerah. Sedangkan jejeran makanan ditaruh di dalam etalase kaca dalam wadah-wadah yang dipisahkan setiap jenis.

Layaknya resto Cianjur pada umumnya menu yang ditawarkan di Dapur Cianjur ini cukup komplet. Mulai dari aneka ayam yang digoreng atau dibakar, ikan nila, bawal, tahu, tempe, sayur asem, usus, empal, karedok, dll. Untuk nasinya bisa dipilih nasi putih, merah, atau liwet yang menjadi favorit.

Mengingat pengalaman saat bersantap siang resto ini selalu penuh oleh pengunjung. Maka saya pun menyempatkan diri untuk berkunjung setelah makan siang. Maklum meskipun ada di dalam apartemen namun resto ini terbuka untuk pengunjung umum. Benar saja, saat tiba para pelayan sedang sibuk membereskan meja bekas pengunjung bersantap. Saya tak perlu lagi mengantri dan langsung menuju etalase untuk memilih makanan.

Seperti biasa menu wajib yang saya pesan adalah ikan nila goreng, usus, tempe goreng, dan nasi liwet. Sedangkan teman saya memilih ayam goreng, karedok, dan nasi putih. Yang tak boleh dilewatkan jika berkunjung kesini adalah sambal terasi di rumah makan ini yang bisa diambil sesuka hati beserta lalapannya. Ada tiga jenis sambal yang disediakan dalam cobek besar, yaitu sambal terasi biasa, sambal terasi pedas, dan sambal tanpa terasi.

Tak lama pesanan kami tiba satu persatu diatas meja dalam keadaan panas. Nasi liwet disajikan per porsi langsung di atas piring. Rasanya gurih bercampur wangi daun bawang, pulen, gurih dan lembut. Sedangkan badan ikan nila disayat kedua sisinya dan dikerat-kerat. Digoreng garing hingga berwarna kecokelatan tersaji dalam wadah bambu beralaskan daun pisang. Ikan ini digoreng 'deep frying' tenggelam dalam minyak panas dan banyak hingga kering.

Saat disantap tak terlacak bau tanah sama sekali dan saat dicocol dengan sambal terasi yang digerus kasar, nyam nyam... pedas-pedas enak. Apalagi saat dimakan bersama dengan nasi liwet yang pulen dan gurih. Bahkan sirip si ikan pun ikut tandas, rasanya kriuk..kriuk.. renyah gurih!

Tempe goreng disajikan dipotong dua bersama dengan ayam goreng dan usus yang digoreng kering. Ayam gorengnya menggunakan ayam kampung, bumbu memiri, bwang dan kunyitnya meresap sampai ke sela-sela daging dan tulang. Ususnya juga tak kalah keriuk... bahkan tanpa dimakan dengan nasi rasanya tetap uenakk...

Meskipun letaknya di dalam apartemen bukan berarti restoran ini mahal. Untuk ikan nila goreng cukup membayar Rp 8.000,00 dan Rp 4000,00 untuk seporsi nasi liwet. Cukup murah bukan? Tak heran kalau para pengunjungnya mulai dari mahasiswa, pengunjung apartemen, hingga pegawai kantoran. Sepulang dari sana saya pun menyempatkan diri membeli oleh-oleh berupa pisang goreng Kalimantan yang dijual disepanjang jalan Tanjung Duren. Pokoknya sekali ini tanpa ke Cianjur saya sudah puas mencicipi hidangan khas Cianjur yang raos pisan!!!

Dapur Cianjur
Apartemen Mediterania Lt.Dasar
(Depan Lapangan Tenis)
Jl. Tanjung Duren, Jakarta Barat
Jam buka: 09.00 - 21.00
Telp: 021-30047574/6802 2608
( dev / Odi )

1 komentar:

  1. tanjung duren? masih deket tuh ama rumah au heheh
    kapan kapan mampir ah
    jangan lupa blogwalking balik ya

    BalasHapus