Jumat, 20 Maret 2009

Kriuk-Kriuk Gurih Renyah Loenpia Brontak

Eka Septia - detikFood

GB
Loenpia Brontak
Jakarta - Camilan asli Semarang ini pas sekali untuk membuka menu makan siang ini. Rasanya gurih renyah dengan taburan rebung, telur, irisan ayam dan juga daun bawang. Sausnya kecokelatan dengan aroma tauco dan cabai yang gurih-gurih pedas menjadi paduan yang serasi Makin enak saat dimakan bersama acar mentimun dan wortel. Kriuk..kriuk..

Resto bergaya dan bermenu peranakan belakangan memang sedang menjadi trend. Seperti salah satu resto yang ada di Kelapa Gading ini. Dari luar resto ini tampak seperti warung makanan bergaya jadoel yang menjual aneka barang-barang dan camilan khas tempoe doeloe. Beragam cokelat, permen Davos, permen karet, permen rokok, kerupuk, keripik, dan beragam mainan jadoel pun memenuhi sudut resto ini.

Bagian dalam resto bernama Sagoo Kitchen ini dipercantik dengan ornamen khas Cina peranakan menghiasi setiap dindingnya. Mulai dari aneka rantang, termos, panci hingga beragam hiasan unik dan foto-foto. Serasa bagai kembali ke masa silam, jaman kolonial. Seporsi Tahu Brontak dan teh tarik hangatpun saya pesan sebagai perintang waktu.

Sembari menunggu pesanan datang, saya mendapatkan permen jahe berbungkus kertas dan cokelat wafer superman. Permen yang selalu saya nikmati semasa kecil. Loenpia Brontak dan teh tarik hangat akhirnya datang. Kedua pesanan saya ditaruh dalam wadah keramik porselen dengan motif berwarna kebiruan sepreti keramik-keramik jaman dinasti Ming.

Loenpia brontaknya berupa kulit lumpia yang tipis berkulit tipis lebar digoreng kering, dengan taburan irisan halus rebung, telur, suwiran daging ayam, dan daun bawang di atasnya. Tak ketinggalan saus berwarna kecokleatan dan juga saus sambal sebagai sentuhan akhirnya. Jadi seperti lumpia yang terbuka dan berantakan isinya. Rasanya kriuk..kriuk renyah, toppingnya gurih-gurih manis pedas. Mungkin inilah yang menyebabkan namanya 'Loenpia Brontak'.

Sapuan teh tarik hangat di tenggorokkan memberi rasa hangat sekaligus menyapu sisa minyak di tenggorokan. Sebagai sajian utama saya memesan Mee Krioek (Hot Plate) yang menjadi favorit dan Nasi Goreng SAGOO yang paling laris di resto ini. Nasi goreng SAGOO dihadirkan dalam piring keramik kebiruan yang cukup besar.

Sedangkan Mee Krioek disajikan dalam hot plate yang masih berdesis panas. Aroma yang menguap membuat liur saya tak tahan untuk tidak menetes. Mee krioek ini berisi mi kuning keriting yang dimasak dengan topping ayam kecap diatasnya. Kuahnya nyemek kecokelatan dengan tooping kangkung. Pangsit renyah yang dipotong kecil-kecil memanjang inilah yang menjadi aksen 'krioek' yang unik.

Rasanya lezat, tekstur mi-nya kenyal lembut dan tidak lembek atau lonyot. Kuahnya gurih sedikit manis dan saat dibalutkan dalam mi terasa sangat serasi gurihnya. Potongan daging ayamnya juga besar-besar dan royal menambah kelezatan mi ini. Sedangkan rasa kangkungnya krenyes..krenyes.. renyah sebagai tanda dimasak sangat pas.

Nasi goreng SAGOO ini berisi dengdeng sapi yang ditaruh di tengah-tengah ceruk nasi goreng. Warna nasi gorengnya tidak terlalu cokelat, dugaan saya nasgornya tidak menggunakan kecap. Disekelilingnya dihiasi telur dadar yang diiris halus secara melingkar. Tak ketinggalan kerupuk udang dan juga acar mentimun dan wortel sebagai pelengkap.

Dalam sekali suapan, nasi goreng terasa pedas gurih lezat! Nasi nya tidak terlalu pulen dan juga tidak pera atau kering, pas sekali untuk nasi goreng. Manis legit dengdengnya menambah nikmat nasi goreng SAGOO ini. Tak terasan nasi goreng dan mee krioek yang saya pikir cukup besar porsinya sudah licin tandas tak bersisa.

Segelas es kelapa jeroek pun jadi penutup yang manis siang itu. Harga seporsi nasi goreng SAGOO dan mee krioek (Hota plate) sangat terjangkau, hanya Rp 19.900,00 saja. Sedangkan untuk Loenpia Brontak Rp 12.900,00 dan Rp 12.900,00 untuk minumannya. Nah, kalau sedang berada di Mal Kelapa Gading tak ada salahnya mampir ke rumah makan yang satu ini. Sambil menyantap hidangan a la home cooking peranakan Cina yang sedap, Anda juga bisa kembali bernostalgia mencicipi aneka permen, cokelat, camilan dan mainan tempo doeloe.

SAGOO Kitchen
Mal Kelapa Gading 1
Lantai G 196 A (Sebelah Pizza Hut)
Telp 021-4529539
Jam buka : 10.00 -22.00
( eka / Odi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar