Kamis, 12 Maret 2009

Manis-Manis Pedas Yamin Cijantung

Eka Septia - detikFood

GB
Jakarta - Cuaca yang dingin bikin perut kerucukan lapar.Paling enak makan makanan yang hangat kemepul, seperti yamin satu ini. Yamin yang biasanya diaduk dengan bumbu manis kini hadir dengan paduan bumbu pedas asam. Paling nikmat saat diseruput bersama kuah kaldu yang gurih-gurih hangat, bikin peluh langsung berlelehan. Penasaran?

Semalam, udara yang cukup dingin menusuk membuat saya ingin sekali makan makanan yang berkuah seperti soto mi. Tapi sayang, si abang penjual soto mi yang biasa mangkal di dekat rumah sedang absen jualan, mungkin karena hujan deras yang selalu mengguyur tiap malam menjelang.

Tiba-tiba saya teringat akan seorang teman yang pernah bercerita kalau ada sebuah resto mi yang baru saja buka tak jauh dari tempat tinggal saya. Ah, daripada saya harus menahan lapar lebih baik saya menerjang gerimis dan memenuhi rasa penasaran saya untuk makan yang berkuah malam itu.

Setibanya disana, olala.. ternyata ini adalah resto yamin yang ada di dekat sekolah saya dulu. Tanpa pikir panjang lagi saya langsung memasuki resto tersebut. Mi Yamien 88 Cijantung namanya. Walah..semua tempat sudah dipenuhi pengunjung, untunglah masih ada tersisa bangku untuk saya meskipun di dekat pintu keluar.

Pelayan berseragam segera menghampiri untuk memberikan daftar menu. Sayapun langsung menanyakan apakah resto ini sama dengan resto yamin yang ada di Cijantung. Dan ternyata benar, resto ini adalah cabang terbarunya.

Resto ini memang tak pernah berubah dalam aneka sajian mi. Seperti menu andalan mereka yang memang sesuai dengan namanya, yamin. Selain itu standar rasa yang mereka tawarkan adalah yamin pedas sedang dengan topping sawi, tauge, dan irisan daun bawang yang royal. Sangat berbeda dengan yamin yang sering saya temui. Yamin sebenarnya adalah mi yang diaduk dengan bumbu yang manis, tapi di yamin 88 Cijantung ini rasa originalnya justru pedas dan sedikit semburat rasa asam, sehingga tidak bikin eneg. Dan inilah yang menjadikannya berbeda.

Tak perlu berpikir lama, saya langsung memesan yamin pedas sedang dengan pangsit, dan mi ayam bakso. Sedangkan teh jahe hangat untuk minumnya. Resto yamin 88 Cijantung ini sudah ada sejak tahun 1997, dan awalnya ini hanya sebuah warung sederhana di Jl. Ssawo No.5 Cijantung. Tapi kini sudah berkembang jadi sebuah resto yang memiliki cabang sekitar 6 resto yang tersebar di kawasan Jakarta Timur. Dan resto ini (Cab.Kelapa Dua) adalah cabangnya yang ke 5.

Sejak sekolah dulu, yamin 88 Cijantung ini sudah menjadi langganan saya dan teman-teman. Tak heran saat melihat banner besar bertuliskan Yamin 88 Cijantung saya langsung mencobanya untuk melepaskan rindu.

Tak lama berselang akhirnya sang pelayan pun membawakan pesanan saya. Benar saja, tak ada yang berubah dari tampilan yamin dan mi ayamnya sejak dulu. Mi nya tidak terlalu tipis berwarna kuning pucat dan agak sedikit keriting namun tetap lembut. Warna yamin agak sedikit kemerahan karena sudah diaduk dengan bumbu.

Topping sawi hijau, ayam bumbu kecap yang kering, tauge dan irisan daun bawang cukup royal diatasnya tidak berubah sedikit pun. Aroma kaldu yang menguap dari dua mangkuk yang berisi masing-masing tiga pangsit rebus dan bakso membuat air liur saya hampir menetes. Sluuurrp!!

Saat mencobanya, rasa kuah kaldu nya gurih-gurih hangat. Hampir tidak ada yang berubah sejak terakhir saya mencicipinya, rasa minya pun demikian. Pedas-pedas nikmat! Saya yang memang suka dengan rasa pedas, harus menambahkan sedikit sambal pada yaminnya meskipun rasa originalnya sudah cukup pedas untuk sebagian orang. Tak terelakkan lagi, peluh pun berlarian dari dahi hingga leher. Huah..huah..!

Kulit pangsit rebusnya lembut gurih, isian ayamnya kering dengan bumbu yang sangat terasa. Baksonya sendiri kenyal-kenyal gurih sangat terasa daginya. Hmm.. benar-benar membawa saya kembali ke masa lalu.

Semakin malam, resto Yamin 88 Cijantung ini semakin ramai. Tak heran karena banyak anak sekolah yang baru saja keluar dari tempat bimibingan belajar yang berada tepat disamping kanannya. Wah.. perut kenyang, rasa kangen pun langsung hilang!

Yamin 88 Cijantung (Pusat)
Jl.RA Fadillah Kios PUSKOPAD B.C 8
kompleks Kopassus Cijantung

Yamin 88 Cijantung (Kelapa Dua)
Jl. Akses UI no.5 Seberang Yamaha Kelapa Dua, Depok

Yamin 88 Cijantung (Cibubur)
Depan Ruko Cibubur Indah
Jl. Lapangan Tembak Blok F1 No.3

Terima pesan antar telp 021-32618801, 021-9653 3762, 0815 8420 2026
Harga mulai dari Rp 5.000,00
( eka / Odi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar