Senin, 09 Maret 2009

'Digigit' Kepiting Saos Bangkok!

Devita Sari - detikFood

GB
Kepiting Saos Bangkok (atas)
Jakarta - Kepiting saos Bangkok dengan semburat kemerahan ini rasanya pedas manis memanjakan lidah. Meskipun tak begitu besar, kepitingnya segar melekat erat di cangkang. Belum lagi kerang hijau dengan taburan royal bawang putih ini, tak hanya baunya yang harum sedap. Rasanya yang gurih enak membuat mulut tak bisa berhenti mengunyah...

Restoran seafood Bangkok 69 ini tentunya sudah tak asing lagi bagi mereka yang tinggal di kawasan Bendungan Hilir atau yang berkantor di daerah Sudirman. Tempatnya yang berada di jantung kota inilah yang membuat restoran ini sering menjadi meeting point saya dan keluarga.

Seorang pelayan membukakan pintu saat saya dan keluarga beramai-ramai melangkah masuk ke dalam restoran. Restoran Bangkok 69 sendiri cukup luas dengan tatanan meja bundar atau segi empat khas resto China. Di kedua pojok ruangan terdapat westafel dan di sisi kanan restoran pengunjung dapat melihat akuarium-akuarium berisi ikan hidup seperti bawal, ikan malas, nila, dll.

Saat kami tiba beberapa meja telah terisi oleh pengunjung yang sedang asyik bersantap. Tak lama seorang pelayan dengan sigap membagikan buku menu. Menu seafood yang ditawarkan di resto ini menurut saya lumayan lengkap, mulai udang, cumi, ikan, kepiting, dan kerang hampir semua tersedia. Cara memasaknya pun beragam ada yang digoreng, di steam, direbus, dll.

Yang menjadi andalan restoran ini adalah seafood yang dimasak dengan saos ala Bangkok. Menu favorit saya yang wajib dipesan saat berkunjung kesini adalah kepiting saos Bangkok dan kerang hijau bawang putih. Untuk sayuran ada tauge ikan asin atau kangkung hot plate yang merupakan favorit pengunjung.

Malam itu pilihan kami jatuh pada kepiting saos Bangkok, kerang hijau bawang putih, cumi goreng tepung, dan ikan malas yang di steam. Sambil menunggu pesanan kami tiba sang pelayan mulai menata meja dengan acar timun dan saos sambal.

Begitu hidangan disajikan di atas meja, kepiting pun menjadi sasaran pertama saya. Kepitingnya berukuran sedang, tidak terlalu besar terdiri dari kepiting betina dan jantan sesuai pesanan kami. Bongkahan telur berwarna oranye tersembul menggoda dengan siraman saos Bangkok berwarna semburat kemerahan. Hmm... air liur saya pun hampir menetes dibuatnya.

Tak peduli dengan repotnya makan kepiting, kedua tangan saya sudah mencomot salah satu cangkang kepiting. Saos Bangkok yang bercampur antara manis pedas dan sedikit asam bercampur sempurna dengan daging kepiting yang terasa fresh, melekat erat di cangkang. Favorit saya adalah bagian cingkong kepiting yang gemuk, makin terasa enak saat disantap bersama saos Bangkok. Nyam nyam...

Untuk kerang hijau sendiri digoreng dan disajikan masih melekat dengan cangkangnya. Ditaruh dalam piring oval besar bertabur cacahan bawang putih yang royal. Wangi bawang putih yang harum dan crispy sangat enak saat disantap baik dengan nasi atau tanpa nasi, rasanya hmm... kres kres gurih-gurih enak!

Untuk ikan malas disajikan dalam wadah stainless yang memakai api kecil dibawahnya. Bagian tubuh ikan malas ini digurat gurat tipis dan sedikit berkuah berwarna kecokelatan. Bau amis ikan tak lagi tercium oleh hidung, yang ada hanyalah bau rempah yang menguar keluar. Ikannya segar karena langsung diambil dari akuarium, kuahnya enak dengan semburat jahe yang menghangatkan tubuh.

Sambil menyantap ikan malas, tak ketinggalan saya pun mencicipi tauge yang dimasak bersama ikan asin. Sebenarnya Tauge ini tak begitu istimewa. Yang membedakannya adalah cara penyuguhannya saja, yaitu dibungkus dengan kertas alumunium foil yang dipanaskan, saat dibuka mengepulkan asap dan bau yang sedap. Meskipun begitu taugenya tidak dimasak hingga layu, sehingga saat dikunyah mesih terasa krenyes-krenyes di mulut.

Entah sudah untuk keberapa kalinya sang pelayan mengganti piring putih yang berisi cangkang kepiting dan kerang di hadapan saya, juga merefill es teh yang hampir habis. Soal harga yang dipatok Bangkok 69 saya rasa standar seafood pada umumnya. O ya, bahkan dengan kartu kredit tertentu pengunjung memperoleh potongan sebesar 25%. Tak terasa malam semakin larut dan kami pun pulang dengan rasa puas dan perut kenyang.

Restoran Bangkok 69
Jl. Bendungan Hilir Raya No.23
Jakarta
Telp: 021-57853467
Harga : Mulai Rp 20.000,00
Jam Buka: 11.00 - 24.00
( dev / Odi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar