Rabu, 25 Februari 2009

Pancoran - Dibelai Lembutnya Oxtail Soup dan Blueberry Pancake

Selasa, 24/02/2009 15:17 WIB
Eka Septia - detikFood

GB
Oxtail Soup
Jakarta - Sop buntut lembut nan gurih ini bisa jadi menu penghangat yang lezat. Dagingnya yang lembut tak melakukan perlawanan ketika dikunyah. Semakin lezat saat pancake blueberry

Saat saya menuju ATM yang berada di dalam kawasan pompa bensin di Pancoran, mata saya terpaku pada tulisan di sebuah black board, R2R cafe. Hmm.. gak ada salahnya untuk dicoba nih, pikir saya yang kebetulan perut juga sudah minta diisi. Langsung saja saya menyuruh teman saya untuk parkir dan segera menyusul ke lantai 2 bangunan tersebut. R2R cafe ini masih terbilang baru. Saat pertama masuk R2R cafe, bukanlah jajaran kursi dan meja-meja yang menyambut, justru bagian dapurlah yang langsung kita saksikan.

Dengan nuansa merah dan juga hitam putih bak papan catur yang langsung menyergap, menambah semangat saya untuk bersantap sore itu. Para pelayan berseragam hitam menyambut saya dan mengantarkan saya ke meja di bagian luar atau disebut juga garden veranda. Wah.. sungguh sensai yang berbeda saat memasuki cafe ini.

Race 2 Run Cafe atau yang lebih dikenal dengan R2R cafe ini menghadirkan konsep jamuan yang cukup unik. Dengan nuansa sporty dan juga romantis yang dikemas dalam satu kesatuan. Cafe ini berada di sebuah areal one stop service yang berada di kawasan Pancoran.

Menu yang disajikan pun ternyata sangat beragam, tidak terbatas pada menu masakan Indonesia atau western saja. Tapi perpaduan antara Asia dan Eropa menjadi satu. Sebut saja sup oxtail (sop buntut), gado-gado, ketoprak yang menjadi perwakilan menu Indonesia. Aneka macam sushi yang mewakili Jepang, Tom Yam yang mewakili Thailand, dan aneka steak yang mewakili Eropa. Tak ketinggalan aneka pizza dan pasta yang menjadi ciri khas Italia. R2R cafe ini memang sengaja mengambil setiap masakan yang menjadi ciri khas suatu negara.

Karena saya baru pertama kali datang ke tempat ini, saya meminta bantuan pelayan untuk memutuskan menu apa yang harus saya pilih. Karena udara sedang dingin saya dipilihkan oxtail soup dan untuk teman saya yang penggila pizza dipilihkanlah meat extravaganza pizza dan sebagai penutup blueberry pancake menjadi pilihannya. Saya yang memang penggila kopi dipilihkan formula one sebagai minumannya dan sexy ferrari untuk teman saya.

Sambil menunggu pesanan kami datang saya melihat-lihat sekeliling cafe ini. Tempatnya sangat nyaman, tidak terganggu dengan bisingnya jalan raya. Kalau bisa saya bilang, tempat ini menjadi meeting point yang menarik karena letaknya yang cukup strategis. Selain itu juga ada fasilitas bengkel, automatic car wash, dan area bermain untuk anak-anak di lantai dasar. Tentu saja dengan area parkir yang sangat luas.

Ternyata fasilitasnya tidak hanya sebatas itu saja, di bagian dalam resto ini ada kursi pijat yang dapat dioperasikan dengan menggunakan koin. Rolls-Royce Executive Private Room, yaitu sebuah ruangan yang dilengkapi dengan home theater yang dapat digunakan sebagai tempat rapat atau juga pertemuan keluarga yang sedikit lebih private. Fasilitas internet dengan menggunakan wi-fi pun disediakan, pantas saja banyak pengunjung sore itu yang tenggelam dengan laptop mereka.

Saat saya kembali ke meja, pesanan kami telah tiba. Sexy Ferrari pesanan teman saya ini penampilannya sungguh memikat mata. Perpaduan warna merah dan kuningnya sungguh menarik. Sedangkan formula one pesanan saya, tak jauh berbeda dengan ice blended. Semprotan cream dan taburan kacang almond sebagai pemanis tak ketinggalan lelehan cokelat sebagai sentuhan akhirnya.

Tanpa pikir panjang lagi, saya langsung mencicipi formula one ini. Saat mampir di tenggorokan, wow.. ada sensasi yang sungguh berbeda. Rasa kopinya tidak seberapa kuat, cocok buat yang tidak terlalu suka kopi. Namun ada sedikit sensasi rasa asam, tak heran karena ternyata formula one ini adalah perpaduan antara kopi dan yoghurt yang dicampur menjadi satu. Hmm..dalam sekejap formula one ini menjadi favorit saya.

Oxtail soup ini alis sop buntut, ternyata porsinya cukup besar untuk saya. Harum aroma daging yang menguap lagsung menggelitik hidung. Warna kuah kaldunya cokelat bening, dengan irisana kentang, wortel, tomat yang royal disekitarnya. Tak ketinggalan daun bawang dan bawang goreng yang membuat aromanya semakin nikmat.

Saat mampir dilidah, hmm.. kuahnya sangat lezat. Tidak tertinggal jejak berminyak pada kuahnya. Dagingnya langsung terlepas dari tulang saat saya menggigitnya. Lembut dan tidak ada perlawanan sama sekali. Semakin lezat saat sambal rawit hijau dan acar wortel sebagai pelengkapnya. Tubuh saya kembali hangat dan bersemangat.

Meat Extravaganza Pizza berukuran sedang, proses membuat dan membakarnya pun dapat disaksikan karena sistem open kitchen yang mereka terapkan. Roti yang tipis dan taburan daging yang royal ditambah lelehan keju mozzarella yang membuatnya semakin lezat. Pinggiran roti yang renyah pasti bikin ketagihan.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul setengah delapan malam, wah.. di cafe ini waktu seolah-olah berhenti sejenak menemani kami menghabiskan akhir pekan. Masih asyik menyantap blueberry pancake yang lembut dengan semburat asam manis yang lezat sungguh menjadi sajian penutup yang sempurna. Ditengah-tengah menyantap pancake, terlihat beberapa pelayan tengah sibuk mempersiapkan organ di sebuah mini stage.

Ternyata tak hanya menjual suasana dan juga aneka menu yang lengkap, R2R cafe pun memberikan hiburan yang mengasyikkan di akhir pekan. Setiap kamis dan minggu dihadirkan live music acoustic, sedangkan Jumat dan Sabtu acara bersantap akan ditemani oleh single keyboard dengan nuansa musik Top 40.

Hanya sayang, saya tak sempat menikmati hiburan yang disajikan R2R. Tapi saya pun berniat untuk kembali kesana lain waktu bersama teman-teman untuk mencicipi hidangan lainnya, dan tentu saja menikmati sajian musik yang pastinya sangat membantu melepas penat. O ya, satu lagi fasilitas yang tak mungkin saya lewatkan, foto sesion yang memang disiapkan oleh R2R cafe ini bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen bahagia mereka bersama keluarga dan teman-teman atau hanya sekedar menyalurkan hobi sebagai model.

Race 2 Run Cafe (R2R)
SLT Building Jl. Raya Pasar Minggu Pancoran Jakarta
Telp : 021-799 0888
Buka : 10.00 - 22.00 (Minggu-Rabu)
10.00 - 24.00 (Kamis-Sabtu)
Range : Mulai dari Rp 20.000,00-Rp 135.000,00
( eka / Odi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar