Minggu, 25 Januari 2009

SOLO :Bondan Winarno - perjalanan Semarang-Solo Tahu Serasi”Oom Shin”

Materi Isi: Tim TransTV

Presenter: Bondan Winarno

Pembukaan di Umbul Sidomukti dengan flying fox yang cukup menantang, menyeberangi lembah yang curam. Contact: 08885467518


Pasar Bandungan
Bandungan, Kab. Semarang

Bandungan terletak di dataran tinggi, sehingga dikelilingi kebun-kebun sayur dan buah berkualitas. Daerah sekitar ini juga terkenal dengan lengkeng (longan) dan leci (lychee).

Tahu Serasi”Oom Shin”
Dukuh Karanglo, Desa Kentengan
Bandungan, Kab. Semarang
08122902571

Di Bandungan sekarang banyak sekali dijumpai penjual tahu dengan label “Tahu Serasi”. Sebetulnya, tahu serasi yang asli dan pertama kali di Bandungan adalah dari pabrik tahu “Oom Shin” yang hingga sekarang masih bertahan dengan kualitas paling atas. Tahu putihnya sudah dapat langsung dimakan tanpa digoreng atau dikukus terlebih dulu.

Gudeg, Koyor, LimpaGudeg Merakmati
Jl. Soekarno-Hatta 89
Bawen, Kab. Semarang

Warung gudeg yang sangat terkenal di lintasan ramai ini. Gudegnya jenis gudeg kering, tetapi tidak terlalu manis, dan diisi dengan daun singkong rebus, disiram dengan areh (kepala santan).
Lauk-pauk pendamping gudegnya sangat khas. Yang paling populer adalah koyor goreng – yaitu urat (tendon) sapi yang direbus sampai empuk dalam bumbu, kemudian digoreng. Mak nyuss! Limpa gorengnya juga cocok mendampingi gudeg.

Iga GongsoIga Gongso “Mbak Tun”
Jl. Erlangga 8, Langensari
Belakang Pasar Babadan, Kab. Semarang
(hanya buka pada hari-hari Wage dan Legi)
024 6924573

Hidangan andalan warung ini adalah iga gongso, yaitu iga kambing yang sudah dimasak gule, dan kemudian digoreng sebentar dengan bumbu dasar kecap manis. Top markotop!
Lauk lain yang perlu diperhitungkan adalah otak kambing yang dikukus dalam bungkusan daun pisang, lalu disajikan dengan kuah gule. Mantap!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar