Minggu, 25 Januari 2009

SEMARANG :Bondan Winarno - Gado-gado Pak Yono

Materi Isi: Tim TransTV

Presenter: Bondan Winarno

Bondan berkunjung ke SD Masehi Poncol, Jl. Imam Bonjol, Semarang, tempatnya belajar di masa kecil. Gedung sekolah itu sebagian besar sudah berubah menjadi bangunan bertingkat.


Gado-gado Pak Yono
Jl. Tanjung (depan PLN), Semarang
024 3517746

Di masa kecil Bondan dulu, penjual gado-gado ini sudah terkenal. Gerobagnya diparkir di depan Kantor PLN di sisi Jalan Pemuda (d/h Bojong). Sekarang, gerobag penjual gado-gado ini diparkir di sisi Jalan Tanjung, dan diteruskan oleh anaknya.
Gado-gadonya masih istimewa, dengan bumbu yang legit memikat. Anaknya yang lebih entrepreneurial sekarang menambah jualan dengan es pankuk, yaitu es putar berbagai citarasa yang diberi topping irisan roti dan irisan pankuk (pancake).


Bondan juga berkunjung ke SMA Negeri III di Jalan Pemuda, tempatnya dulu bersekolah. Dulu gedung megah ini menjadi lokasi dua SMA, yaitu SMA Negeri III dan SMA Negeri IV. Sekarang SMA Negeri IV pindah ke tempat lain. Mencicipi badak sambel di kantin, semacam bakwan sayur yang disiram dengan sambal pecel.


Buntut BelacanJatilegi
Jl. Raya G-4 Banyumanik, Semarang
024 7472661

Sebuah rumah makan bergaya kafe di pinggiran Semarang. Sajian utamanya adalah iga sapi dan buntut sapi, disajikan dalam berbagai masakan.
Mencicipi Sup Tujuh Rupa yang bernuansa Chinese. Lezat! Hidangan utama yang dipesan adalah buntut belacan. Buntutnya sudah direbus dengan bumbu sampai lunak. Lalu ditumis lagi dengan bumbu belacan (terasi). Mak nyuss!

Tahu Gimbal “Pak Edi”
Jalan Pahlawan, Semarang
depan Departemen Sosial
024 70466052

Tahu gimbal adalah masakan khas Semarang. Tahu ukuran besar digoreng sebentar, kemudian diiris-iris. Dicampur dengan lontong, tauge rebus, dan rempeyek udang (disebut gimbal udang), lalu disiram dengan saus kecap-kacang. Ditaburi rajangan seledri. Hidangan murah meriah untuk setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar