Sabtu, 28 Maret 2009

Yogyakarta Presenter: Bondan Winarno - Bacem Kepala Kambing H. Sukirman

Materi Isi: Jalansutra/Bondan Winarno

Presenter: Bondan Winarno

 Gadri Resto
Jl. Rotowijayan 5, Kraton
0274 373520

Ini merupakan restoran kedua yang diselenggarakan oleh kerabat Keraton Yogyakarta setelah Bale Raos di Kemandungan (bagian belakang Keraton). Mencicipi nasi blawong yang khas. Diduga namanya berasal dari kata Belanda blauw (biru) karena di masa lalu disajikan di piring bercorak Delft blue. Nasinya gurih, dimasak dengan bawang merah sebagai bumbu utama, sehingga berwarna merah muda, dengan berbagai jenis lauk.
Setelah makan siang, Bondan bertemu teman-teman dari Komunitas Jalansutra dijamu minum teh dan berbagai jajanan khas Jawa, termasuk beberapa jajanan yang hanya dijumpai di kalangan Keraton, seperti Kolak Kencono, Bubur Lobe-lobe, dan lain-lain.

Gule Gulon
Jalan Raya Gulon 90, Salam
0293 586412

Warung sate dan gule di Desa Gulon ini cukup legendaris bagi warga Yogya. Sekalipun tempatnya agak jauh di luar kota, orang Yogya rela datang ke situ untuk makan gule dan sate kambing. Jangan lewatkan sate goreng yang khas, cocok untuk mendampingi gule yang gurih.

Bacem Kepala Kambing H. Sukirman
Jl. Babadan Baru Kenanga 7
0274 885870

Bacem adalah cara masak khas Yogya. Bahan makanan yang dibacem beragam, mulai dari tahu dan tempe, ayam, maupun sapi dan kambing. Warung ini sangat terkenal dengan sajian bacem kepala kambing. Jangan harap melihat kepala kambing utuh, melainkan potongan-potongan bagian pipi, lidah, dan lain-lain.
Sambalnya juga istimewa. Mak nyuss!

Buntil SalmonSasanti Restaurant & Gallery
Jl. Palagan Tentara Pelajar 52A, Sleman
0274 866345

Semula bernama Mlangi, berlokasi di Nogotirto. Sekarang pindah ke lokasi yang lebih strategis di dekat Grand Hyatt. Suasana menyenangkan, kualitas makanan istimewa dengan berbagai sajian Indonesia dalam gaya fusion.
Mencicipi bebek bacem, buntil salmon, dan srikaya creme brule.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar