Sabtu, 28 Maret 2009

Pontianak Presenter: Bondan Winarno - Mengunjungi Pasar Senggol di tepi Sungai Kapuas

Pontianak 1

Jantung/Bunga PisangMengunjungi Pasar Senggol di tepi Sungai Kapuas menunjukkan berbagai jenis ikan endemik Kalimantan Barat dan sayur-mayur khas yang digunakan dalam masakan khas Pontianak.

Berkunjung ke tempat pembuatan amplang (krupuk khas Pontianak) yang populer sebagai oleh-oleh. Amplang dibuat dari tepung dan ikan, menjadi krupuk yang gurih.


Warung Ko Kue Goreng
Jl. Gajah Mada
0561 733718

Bila sore hari tiba, di mulut gang ini muncul pedagang pisang goreng khas Pontianak dan ko kue goreng. Ko kue adalah jajanan populer di kalangan peranakan Tionghoa, dan sebetulnya sangat mengenyangkan. Apalagi karena kue dari tepung ini digoreng dengan telur. Lezat dan gurih!

Jelawat KukusSatria Wangi
Jl. Nusa Indah II No. 62
0561 737967

Sebuah rumah makan lama yang terkenal di Pontianak, tetapi telah direnovasi dengan interior modern bergaya minimalis. Hidangan andalan restoran ini adalah ikan jelawat tim (kukus) yang sungguh istimewa. Ikan jelawat bentuknya panjang dan agak pipih, dengan sisik besar mirip ikan arwana. Dikukus bersama sisiknya yang menghasilkan citarasa khas. Mak nyuss!
Jangan lewatkan udang galah bakar yang dibakar secara sempurna, dan tumis pakis dengan bumbu ebi (udang kering) yang nendang.

1 komentar: