Sabtu, 28 Maret 2009

Casablanca Wisata Kuliner Jakarta Mi Ayam Pangsit Renyah Plus Iga Bakar Empuk Casablanca

Jumat, 27/03/2009 12:00 WIB
Devita Sari - detikFood

GB
Jakarta - Tak cuma mi ayam dan pangsit renyah yang bisa dicicipi di rumah makan mungil ini. Iga bakar penyetnya pun empuk dengan bumbu gurih manis yang membuat lidah bergoyang. Dibilas dengan es campur yang sueger hmm... bukan tak mungkin rumah makan ini bisa menjadi tempat favorit makan siang!

Malam mulai menjelang saat mobil yang saya tumpangi merayap memasuki kemacetan Jl. Prof.Dr.Satrio, Casablanca. Selain daerah macet jalan ini memang merupakan ranjau bagi mata. Maklum berbagai rumah makan dari yang besar hingga kaki lima tersebar di sepanjang kiri dan kanan jalan. Mulai dari Gado-gado Boplo,seafood tenda, ayam bakar, pempek @bing, dll.

Akhirnya pertahanan saya pun goyah saat melihat banner bertuliskan 'Bakmi Cimon Es Bangka'. Bagaimana tidak, karena beberapa hari terakhir saya memang sedang kepingin menikmati mi. Alih-alih sambil menunggu kemacetan, saya pun akhirnya singgah di rumah makan berukuran mungil tersebut.

Di bagian depan restoran terdapat dua buah meja beretalase, yang satu untuk meracik bakmi sedangkan yang lain untuk meracik aneka es dan minuman. Meskipun sederhana yang membuat saya terkesan adalah suasana apik restoran ini. Di bagian tengah terdapat beberapa buah meja mungil yang ditata memanjang dan yang lain dibuat merapat di bagian dinding.

Tak lama kami sudah asyik menelusuri selembar menu yang disodorkan. Tak banyak yang ditawarkan di rumah makan yang menjadikan bakmi sebagai menu andalannya ini. Mi Ayam Bakso Pangsit dengan es campur sebagai pelepas dahaga menjadi pilihan saya.

Selain bakmi yang ditawarkan dengan porsi biasa dan jumbo, ada pula menu pilihan lain seperti pangsit goreng, nasi tim ayam, paket ayam peyet, kwetiaw, dan paket iga peyet/sop iga. Akhirnya teman saya mencoba paket iga penyet yang direkomendasikan oleh sang pelayan.

Tak perlu lama menunggu, mi ayam bakso pangsit pesanan saya tiba. Mi disajikan dalam mangkok putih plus kuah berisi dua buah bakso dalam mangkok terpisah. Tak ketinggalan dua buah pangsit goreng disajikan panas fresh from the wajan. Hmm... bau harum yang terkuar dari kuah kaldu membuat saya tak sabar ingin mencicipinya.

Mi ayam ini memakai topping ayam, sawi dan tauge yang cukup royal. Minya kecil-kecil berwarna kuning dan lentur. Saya menduga rumah makan ini memakai mi buatan sendiri alias home made. Karena bukan merupakan mi yamin, maka warnanya pun pucat barulah setelah dicampur dan diaduk dengan kuah dan sambal hmm... semakin menggiurkan saja. Rasa pedas dan gurih bercampur daging ayam yang lembut sempurna menyatu di dalam mulut... nyam nyam enak!

Yang tak kalah boleh ditinggalkan adalah pangsitnya. Kulit pangsitnya dibuat tipis berwarna kecokelatan, rasanya renyah dengan kejutan daging yang ada ditengah-tengah pangsit. Saat digigit kresss... hmm renyah uenakkk! Apalagi jika kurang bisa memesan pangsit tambahan yang berisi 5 atau 10 buah pangsit.

Paket iga penyet sendiri merupakan kejutan lainnya. Tiga potong iga bakar disajikan dalam cobek kayu beralaskan daun pisang plus dengan irisan timun dan tomat. Sebagai pelengkap ada kuah iga yang disajikan dalam mangkuk terpisah. Rasa gurih kuah ini lebih tajam dari kuah kaldu pada mi. Yang mengejutkan adalah iganya yang sangat empuk hingga saat daging dikoyak menggunakan garpu saya tak mengalami kesulitan sama sekali.

Sambil menikmati hidangan ini sesekali saya pun menyeruput es campur yang seger dengan isi cukup berlimpah. Sebut saja jelly, tape kuning, cincau hitam, cendol, alpukat, kelapa muda, dll. Rasanya manis-manis segar dengan semburat gurih dari santan kelapa yang dicampur bersama susu kental manis.

Nah, buat para penggemar mi rasanya Bakmi Cimon ini layak dijadikan pilihan, apalagi letaknya juga berada pusat perkantoran. Untuk seporsi mi ayam dibandrol dengan harga Rp 17.000,00 dan untuk paket Iga Peyet yang terdiri dari nasi, iga dan kuah cukup membayar Rp 25.000,00. Untuk mereka yang berada di daerah perkantoran Casablanca dan Sudirman juga bisa memanfaatkan layanan delivery si Bakmi Cimon ini loh. Gimana, mau coba?

Bakmi Cimon
Jl. Prof.Dr.Satrio No.8 (Sebelum resto Ayam Taliwang)
Casablanca, Jakarta
Telp: 021-95139518 (bisa delivery)

( dev / Odi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar