Selasa, 31 Maret 2009

Kota Wisata, Cibubur ( Lamak Nian Soto Padang Racikan Urang Awak )

Odilia Winneke - detikFood

GB
Soto Minang Roda Jaya
Jakarta - Hujan gerimis dan udara dingin membuat semangkuk soto Padang jadi makin menggoda. Aroma harum rempah menguap dari kepulan kuahnya yang kuning kecokelatan. Serpihan daging yang digoreng kering mengapung di permukaan, diselingi irisan daun bawang, seledri dan taburan bawang merah goreng. Hmm... saat disuap dengan nasi plus kerupuk kanji rasa lezatnya menari-nari di lidah! Amboi, lamak nian!

Meskipun bukan penggila soto, dari berbagai koleksi soto nusantara, soto Padang merupakan salah satu favorit saya. Warung soto Padang yang sering saya singgahi adalah Soto Padang Mangkuto di bilangan Pintu Air, Jakarta Pusat yang legendaris. Saya dengar dari teman saya yang urang awak dan tinggal di Cibubur, katanya ada warung soto Padang yang asli Padang.

Dari hasil penuturannya barulah saya tahu, kalau pemakaian nama Padang hanya khusus untuk orang yang benar-benar asli dari kota Padang. Sedangkan yang berasal dari daerah lain di Sumatra Barat memakai embel-embel Minang. Wah, saya jadi paham kenapa ada juga warung yang menjual soto Minang.

Karena itu saat berada di kawasan kota Wisata Cibubur, saya memaksakan diri, mencari warung soto Padang Roda Jaya yang manurut teman saya asli urang awak. Di deretan Ruko Canadian Broadway, warung makan yang menempati ruko mungil ini mudah dikenali. Selain ada spanduk juga lemari kaca berisi aneka daging dan jeroan sapi dipajang di depan agak menonjol.

Sepertinya saya datang di saat yang tepat. Suasana rumah makan tidak terlalu ramai dan hujan gerimis mulai turun sehingga cuaca terasa dingin. Pas rasanya buat menyantap semangkuk soto Padang. Senagaja saya memesan 2 mangkuk sekaligus, satu berisi daging dan yang satu paru plus sepiring nasi putih. Sayang sekali sate Padang yang ada dalam menu belum bisa dipesan.

Si uda sang pemilik langsung melayani kami. Dalam beberapa menit soto Padang pun tersaji panas mengepul di depan saya. Tampilan tak jauh berbeda dengan soto Padang yang pernah saya makan. Disajikan dalam mangku porselin Cina mungil dan permukaannya tertutup potongan daging dan paru goreng. Sepiring nasi putih hangat dengan taburan kerupuk kanji shocking pink menjadi pelengkap wajibnya!

Saat kuah kekuningan diaduk langsung tercium aroma rempah yang wangi menggelitik hidung. Kapulaga, cengkih, merica, pala, daun jeruk dan serai terlacak tajam. Konon bumbu racikan soto ini bisa mencapai 22 macam! Tak heran karena untuk mempertahankan kualitas racikan bumbu masih dikirim dari kota Padang, tempat asal rumah makan ini. Seperti yang ditulis pada spanduk rumah makan ini merupakan cabang rumah makan yang sama di Simpang Kinol Pondok Padang yang tersohor.

Isian soto Padang ini juga cukup padat, irisan kecil daging goreng, perkedel, suun, daun bawang dan seledri. Rasa daging goreng yang disebut dendeng ini sungguh renyah gurih dan garing meskipun sudah direndam kuah. Demikian juga dengan paru gorengnya yang tak terlacak bau amis, kriuk.. kriuk.. renyah gurih.

Sambal yang berwarna merah menyala dan kental merupakan pelengkap khas soto ini. Terbuat dari cabai merah yang digiling halus dengan garam sehingga saat diaduk dalam kuah soto, kuah soto menjadi sedikit kemerahan dan memberikan rasa pedas menggigit yang hebat!

Teh rempah yang saya pesan sebagai pengiring soto Padang ini tak kalah menarik. Disajikan dalam gelas tinggi dengan endapan susu kental manis di bawah. Aroma harum kayu manis, kapulaga dan jahe menguap harum. Tanpa diadukpun sudah terasa cukup manis. Teh susu gaya Padang ini terasa sangat hangat, harum dan manis. Pas sekali utnuk meredam rasa pedas menggigit yang menguasai mulut. Badan terasa hangat dan butiran mungil keringat mulai memenuhi dahi dan leher! Wouuw.sungguh sedap!

Jika ingin 'tambo ciek' karena porsi yang mungil tak cukup mengenyangkan tak usah khawatir kantong bakal kempes. Karena seporsi soto Padang daging garing dan soto daging paru dihargai Rp 9.000,00. dan teh rempah hangat Rp 5.000,00. Cukup murah bukan?

Karena itu jika Anda tergolong sebagai urang awak yang tak sempat pulang kampuang, mampir saja ke tempat ini. Racikan soto Padang yang asli ini dijamin bikin rasa kangen kampuang bakal terobati!

Soto Minang Roda Jaya
Ruko Canadian Broadway
Blok CB-A-16 Kota Wisata, Cibubur
Telp : 021-68359104, 021-99647885, 021-70013323
Harga mulai dari Rp 3.000,00-Rp 10.000,00

( dev / Odi )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar