Senin, 30 Maret 2009

Bandung Presenter: Bondan Winarno Jalan Rama adalah Chinatown kedua di Bandung

Materi Isi: Jalansutra/Irvan Kartawiria

Jalan Rama adalah Chinatown kedua di Bandung, setelah Jalan Cibadak. Di sepanjang jalan ini dapat dijumpai beberapa rumah makan Tionghoa djadoel (djaman doeloe) yang bertahan hingga kini.

Bakmi “Akim”
Jl. Rama 3, Bandung
022 6002501

Mencicipi yamien yang khas “ciptaan” keturunan Tionghoa di Bandung. Yamien adalah mi rebus (sebetulnya: dicelup-celup ke kaldu panas), lalu disajikan dengan berbagai jenis topping dan kuah bening yang terpisah.
Perlu berhati-hati bila memesan yamien di Jalan Rama, karena biasanya disajikan dengan beberapa tetes minyak babi. Bila tidak dikehendaki, tersedia juga minyak ayam sebagai pengganti.

Gurame Sayur AsinRestoran “Rama”
Jalan Rama 23, Bandung
022 6013933

Bondan belajar masak ikan gurame kuah sayur asin dari pemilik restoran. Ikan gurame digoreng, lalu dimasukkan ke dalam kuah yang dimasak dengan tahu, sayur asin, dan sedikit tape ketan. Hidangan sederhana dengan citarasa yang luar biasa.
Hidangan lain yang dicicipi adalah ayam nanking dan sapi cah kailan.

Martabak “Nikmat” Andir
Jl. Jenderal Sudirman 415, Bandung
022 6015386

Martabak manis (kue bulan khas Pangkalpinang) yang disajikan secara kreatif. Kalau biasanya jajanan seperti ini hanya disajikan dengan pilihan isi keju atau kacang-coklat, di sini tersedia juga rasa jagung, asinan mangga, dan berbagai citarasa lain.
Harus dicoba juga martabak tipisnya yang garing (crispy) dengan rasa keju parmesan yang sangat nendang. Belum ada duanya!

1 komentar:

  1. mantabz brow jalan rama pusat kuliner masakannya lezat sudah ngetop ada kopi luwak juga loh di jalan rama

    BalasHapus